Dunia medis kembali tersenyum !!  capsulehand.jpg Dengan ditemukannya mikro camera yang bisa ditelan dan dikeluarkan, pasienpun merasa diuntungkan. Pemeriksaan saluran pencernaanpun  menjadi lebih bersahabat, dan tidak menimbulkan rasa nyeri.Penemuan mikro kamera merupakan  gebrakan besar dalam dunia kedokteran. Karena alat canggih ini,  mampu mendeteksi gangguan dan kelainan  hingga ditempat yang sulit sekalipun di usus halus. Kelainan dan gangguan yang dimaksudkan seperti halnya ; gangguan pembuluh darah,  polip, tumor dan sebaginya.

Kamera kecil yang lebih lazim terlihat seperti kapsul tersebut bisa ditelan oleh penderita, dan dikeluarkan lagi saat buang air besar. Alat ini sanggup merekam gambar disaluran  pencernaan, mulai dari mulut hingga anus.

 ” Sebuah fiksi yang menjadi kenyataan,  ” Demikian yang diungkapkan oleh  Dr. Bas van Tuyl, dokter  spesialis lambung, usus dan hati, dari rumah sakit Diakonissenhuis Utrecht,  yang mempromosikan penemuan  ” videocapsule endoscopie  ”  di  Universitas Erasmus Rotterdam, Belanda.

Dengan menggunakan mikro kamera yang bisa ditelan oleh pasien, tumor sebesar kurang dari 1 cm yang berada ditempat yang sulit   di usus halus,  bisa direkam gambarnya secara gemilang. Sebelumnya, tumor dilokasi seperti ini tidak bisa terekam dengan baik. Sebelum mikro kamera ini ditemukan, biasanya  tumor kecil diusus halus hanya bisa dideteksi lewat operasi, atau bentuk baru dari endoskopie ‘double ballon endoscopie. ‘

Uji coba mikro kamera ini sudah dilakukan pada ratusan pasien di  rumah sakit St. Antonius di kota Niuwegeinn. Pada penderita  yang bervariasi antara umur 11 tahun hingga 85 tahun ini ,   kebanyakan menderita penyakit Crohn ini. Dan kebanyakan dari mereka mengalami   pendarahan lewat faeces-nya yang bisa dilihat atau tidak terlihat. Mereka sama sekali tidak mengalami kesukaran dalam menelan mikro kamera yang licin ini. Juga tidak menimbulkan nyeri, atau komplikasi.

Hal unik selama eksperimen ini, adalah ada pasien yang merasa staminanya menjadi lebih baik. Padahal mikro kamera ini  tidak mengandung bahan  obat – obatan sama sekali. Hal ini diyakini sebagai efek psikologis  seperti halnya placebo ( obat kosong ).