Disalah satu rumah sakit  yang berlokasi di propinsi Limpopo ( Afrika Selatan),  pada tanggal  5 Juli   yang lalu dilahirkan seorang bayi yang menggegerkan orang. Pasalnya, bayi mungil tersebut dilahirkan dengan kaki yang berjumlah  empat buah !

Menurut Dr. Regi yang menangani pasien,  ibu bayi tersebut dalam keadaan sehat. Lepas dari kelainan yang terlihat, keadaan bayi tersebut  dalam keadaan baik – baik saja. Menurut beliau, bayi tersebut harus tumbuh dan besar dahulu,  sebelum dilakukan operasi.

Kedua  orang tua bayi tersebut  mengalami  shock  berat,  dan menginginkan jauh  – jauh dari  publikasi. Menurut Dr. Regi,  ini merupakan kasus yang pertama kali,    sejak beliau 16 tahun menekuni pekerjaannya.  ” Sangat mengejutkan,  karena di foto Rontgen  terlihat jelas bayi yang berkaki empat. Satu kaki memiliki lima jari, sedangkan tiga kaki lainnya memiliki empat jari,  ” Ucap Dr. Regi.

Saat ini bayi tersebut sudah dirujuk ke rumah sakit yang lebih besar dan berfasilitas lebih lengkap. Karena rumah sakit dimana bayi tersebut dilahirkan, adalah rumah sakit kecil  yang berada  di Afrika Selatan bagian paling utara. Bayi tersebut memiliki  berat 1, 3 kg, dan merupakan bayi pertama pasangan suami istri tersebut.

Puthi Seloba, yang merupakan juru bicara dari dinas kesehatan propinsi setempat berkata,

”  Para team dokter yang sedang menangani kasus ini,  akan melakukan  usaha yang semaksimal mungkin, agar bayi ini bisa  hidup seperli layaknya anak – anak yang lain.  “