Dunia medis kembali tersenyum !  Ada penemuan dan penerapan baru dalam methode operasi koreksi payudara, yang melibatkan robot.  Ini merupakan pioner pertama yang diprakarsai oleh Dr. Rene van der Hulst asal Belanda, yang telah sukses melakukan operasi koreksi  payudara  dengan asisten robot.

Robot yang tak lain bernama  Da Vinci ini,  telah membantu operasi yang berjalan sukses  di rumah sakit akademi  Maastricht  yang berada di Belanda. Hasil penerapan yang  gemilang tersebut,  disajikan dalam konggres dunia untuk para dokter bedah mikro vaskuler yang berlangsung di kota Athena, Yunani.

davincis_robot.jpg

Dengan melibatkan robot Da Vinci ini, ternyata telah memberikan begitu banyak keuntungan. Karena dengan bantuan robot, pelaksanaan operasi menjadi lebih  teliti dan cermat. Karena robot tidak mengalami  tremor ( tangan bergetar ),  yang biasanya ditemukan  pada manusia,  saat memegang instrumen dan menjalankan operasi.

davinci1.jpg

Proses penyayatanpun   menjadi lebih halus dan kecil.  Dan kemungkinan terjadi penimbunan pembuluh darah yang  amat kecil,  bisa dihindarkan. Karena  keadaan ini sering  muncul pada operasi koreksi payudara.Proses operasi yang diterapkan dengan melibatkan Da Vinci ini,  dilakukan pada wanita yang  menderita kanker payudara,  yang membutuhkan operasi koreksi.( Majalah Dewa Dewi Online )