Tidak bisa dipungkiri, bahwa setiap orang dibawah kolong langit ini menginginkan keajaiban besar ( mujizat). Satu diantaranya  seperti yang telah dialami oleh pria Polandia yang bernama Jan Grzebski. Bagamana tidak luar biasa, pria yang tergolek diatas ranjang seperti boneka tersebut, akhirnya mampu siuman dan bangun lagi dari komanya.

old_man.jpg

Tidak tanggung – tanggung, siuman lagi setelah 19 tahun berada dalam keadaan koma ! Mantan karyawan perusahaan jasa kereta api yang kini usiannya menginjak 65 tahun tersebut,  pada tahun 1988 mengalami kecelakaan saat menunaikan tugas. Pada saat dia berada didekat rel kereta api, tiba – tiba meluncur kereta api dengan kecepatan tinggi, sehingga badannya terjungkal dan jatuh.

Setelah dibawa kerumah sakit,  dan dilakukan pemeriksaan yang lengkap, ternyata terdapat tumor yang bersarang  di kepala Jan Grzebski. Team dokter yang menanganinya, memprediksikan bahwa usia harapan hidup Jan Grzebski hanya beberapa tahun saja.

Setelah proses pengobatan dan penanganan di rumah sakit selesai, ternyata pria tersebut masih dalam keadaan koma. Sehingga  akhirnya sang istri membawanya pulang, dan merawatnya sendiri dirumah. Istrinya yang setia,  memberikan perawatan setiap saat tanpa  jemu. Dan  membolak – balikkan badan  suaminya diatas ranjang setiap satu jam, guna menghindari luka tekan.

Dia banyak mengucapkan terima kasih kepada sang istri tercinta, karena kesetiaannya dalam merawatnya. Bahkan belum lama ini dia bisa menghadiri pesta pernikahan salah seorang anaknya. Keempat anaknya kini sudah menikah semua, dan dia sudah mendapatkan sebelas cucu.

“Sebelum saya berada dalam keadaan koma,  disekitar sini hanya dijual teh dan cuka. Dan di sekitar stasion selalu berderet antrian panjang,  ” Ucap Jan Grzebski ketika diwawancarai TVN 24 stasion televisi  Polandia.

” Tetapi kini saya melihat beraneka ragama bahan makanan di toko, dan dijalan – jalan banyak orang menenteng telepon genggam, “Ucapnya lagi dengan mata yang berbinar – binar.

Sebelum dia bersiuman dan bangun lagi, istrinya sudah melihat tanda – tanda dua bulan sebelumnya. Sejak itu, dia mulai mengajari suaminya mengucapkan kata – kata. Melatih jari – jemarinya untuk memegang, dan melatihnya duduk. Hingga berita ini diturunkan, Jan Grzebski masih duduk diatas kursi roda. Karena badannya masih lemah, setelah 19 tahun tidak difungsikan secara aktif.

Menurut dokter yang merawat, jika proses pemulihannya berlanjut  dan membaik,  dimungkinkan dia bisa berjalan lagi.

” Secara  samar – samar,  saya masih bisa mengingat apa saja yang terjadi. Namun  pada saat koma, saya tidak bisa memberikan reaksi, ” Ucapnya ketika ditanya  ingatannya ketika berada dalam keadaan koma.

Kini Jan Grzebski mempunyai semangat hidup yang tinggi. Dulu sebelum dia jatuh pada keadaan koma,  negara Polandia masih berbentuk komunis. Dan sekarang dia melihat perubahan negaranya yang sudah menjadi demokrasi,  dan  memiliki pasar ekonomi.

“Setiap hari saya bangun pukul 07.00 dan langsung nonton televisi, “Ucapnya semangat melihat duniannya yang baru. Bahkan istrinya kadang mengalami kesukaran mengajaknya tidur dimalam hari.

“Saya sudah terlalu lama tidur, ” Candanya.

                                     ***********

Kalo nonton TV, nikmati acara yang  baek – baek aja, yach. Nggak usah nonton pilem panas. ( wakakakak )