Amsterdam.
Suasana kota Amsterdam pada hari Sabtu kemarin menjadi lautan manusia.  Sebanyak 375.ooo pengunjung  menjadi saksi nyata, berbagai atraksi  yang disajikan oleh kaum homo dan lesbi.  Kebanyakan berpakaian seronok, bahkan  juga dipenuhi  glitter dan glamour.

20060806_gay_guys.jpg

Gay pride edisi yang ke-12 ini tergolong paling meriah dan heboh. Karena tidak hanya melibatkan kaum homo dan lesbi saja, namun juga melibatkan kaum hetero, anak cacat, remaja berumur 16 tahun dan pegawai negeri.

Sebanyak 70 buah perahu yang dihias secara ekstravagansa turut menyemarakkan parade,  yang dimulai pukul 14.oo hingga pukul 17.oo. Setelah parade usai, dilanjutkan dengan berbagai orasi menentang diskriminasi dan kekerasan. Acara yang dibungkus dengan berbagai warna musik ini  juga dimeriahkan dengan berbagai game, lomba, modeshow, dan penyerahan berbagai penghargaan   kepada berbagai tokoh dan pihak,  yang telah mendukung keberadaan kaum homo dan lesbi.

gaypride_groot_copy.jpg

Dengan moto we are Amsterdam pride,  organisasi kali  ini menekankan toleransi terhadap keberadaan kaum homo dan mencegah kekerasan yang selama ini terjadi. Gay parade  Amsterdam,   yang sebelumnya banyak mendapat tekanan, tentang keterlibatan kaum homo dan lesbi yang masih dibawah umur,  akhirnya  bisa  meredakan pro dan kontra. Sebanyak 40 orang  peserta yang masih berumur 16 tahun,  mengikuti  acara ini dengan didampingi orang tuannya.

gay_parade_2_copy.jpg

 

Dengan suhu udara 34 derajad selcius dan sengatan mentari yang begitu panas, tak bisa dipungkiri bahwa gay parade tahun ini mendapatkan cuaca yang luar biasa indah,  dengan pengunjung yang membludak.

 

foto5.jpg

Acara pesta  yang riuh dipenuhi minuman beralkohol ini  berlangsung  semarak dan seru. Menurut kepolisian Belanda,   acara gay pride tahun ini berlangsung lancar.   Tidak banyak ditemukan insiden. Hanya ada perkelaian disalah satu perahu peserta. Yang langsung diamankan oleh pihak kepolisian.

gayprideegr11.jpg

Hingga berita ini diturunkan, suasana kota Amsterdam masih tetap meriah. Udara nampak cerah, dan mentari menyengatkan panasnya. Hari ini merupakan penutupan acara parade kaum gay. ( Majalah Dewa Dewi Online )